INFO
Penguatan SPBE Menuju Pengelolaan Pemerintahan Modern

Penguatan SPBE Menuju Pengelolaan Pemerintahan Modern

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Salah satu materi yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi Teknis Bidang Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Se – Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Luwansa Jl.G.Obos Palangka Raya, Kamis (25/7/2019) yaitu Penguatan SPBE Menuju Pengelolaan Pemerintahan Modern.

Sebagaimana disampaikan narasumber dari Kementerian PAN dan RB, Hamzah Fansuri, S. S.Kom, M.Si bahwa sesuai dengan arahan presiden RI, Joko Widodo kondisi yang dibutuhkan saat ini adalah membangun transparansi tata kelola pemerintahan reformasi birokrasi, dan membuka partisipasi publik.

Hal ini sangat penting karena kecepatan memberikan izin, menjadi kunci bagi reformasi birokrasi.

Tujuan adanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE) adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi, pemerintahan yang efektif dan efisien serta pelayanan publik yang baik dan berkualitas.

Disamping itu juga diharapkan dengan adanya pembangunan SPBE akan mengurangi pemborosan anggaran karena sistem aplikasi yang seharusnya terintegrasi dan dapat digunakan secara bersama-sama, mengurangi resiko keamanan informasi dan validasi data yang akurat.

Target indeks SPBE yang baik berada pada nilai 2.60. Sedangkan berdasarkan data indeks SPBE nasional tahun 2018 berada pada nilai 1.98, indeks SPBE instansi pusat berada pada nilai 2,60 dan indeks SPBE pemerintah daerah pada nilai 1.8.

Kedepan kondisi yang diinginkan dengan adanya Sistem Pemerintahan Yang Berbasis Elektronik (SPBE)  antara lain birokrasi yang berkinerja tinggi, integratif, transparansi, dinamis dan inovatif.

Pelayanan publik yang terpadu, efektif, responsif, adaptif, dan mudah diakses.

Inovasi TIK yang efektif, efisien, dan terintegrasi baik secara mobile internet,  Cloud, IoT, Bigdata, dan AI.

SDM yang memiliki kepemimpinan yang kolaboratif, inovatif dan kompetitif, ungkapnya. (MC. Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*