TERKINI
Pengungsi Posko Banjir Jangan Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

Pengungsi Posko Banjir Jangan Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani meminta agar para pengungsi yang ada di Posko Banjir untuk tetap waspada dan jangan lengah dengan mengendorkan protokol kesehatan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa tempat pengungsian sangat berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19 karena banyak warga yang berkumpul di satu tempat,” kata Emi kepada awak media, Kamis (18/11/2021).

Dikatakannya bahwa sejumlah warga yang tinggal di posko pengungsian tersebut ada beberapa yang belum divaksin dan hal tersebut sangat berbahaya untuk dirinya dan orang lain mengingat penyebaran Covid-19 itu sendiri sangat mudah dan cepat.

Selain itu juga memang kebanyakan warga-warga yang mengungsi di posko pengungsian tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak memakai masker. Dimana mereka beralasan masker tertinggal di rumah dan tidak bisa diambil lagi karena rumah mereka sudah terendam air akibat banjir.

Untuk mengatasi hal tersebut, Emi menyebutkan bahwa pihaknya bersama Dinas Kesehatan akan melakukan pendataan bagi warga di posko pengungsian yang belum vaksin agar dilakukan vaksin selain itu juga akan membagikan masker kepada pengungsi.

“Jadi mulai hari ini kami bersama instansi terkait akan bergerak untuk membagikan masker dan juga melakukan pendataan vaksinasi bagi pengungsi di posko. Hal tersebut demi menekan penyebaran Covid-19 itu sendiri,” ucap Emi.

Di akhir perbincangan, Emi berpesan agar warga masyarakat yang tinggal di posko pengungsian untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan dengan menerapkan 5M. MC. Isen Mulang/Nitra/ndk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*