INFO
Peningkatan Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat

Peningkatan Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat  perlu dilakukan peninjauan ulang.

Bertempat di Ruang Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Jumat (26/7/2019), Beta Syailendra, Anggota DPRD Kota Palangka Raya mengungkapkan guna meningkatkan pelayanan di bidang pemeliharaan pemakaman umum dan pengabuan mayat perlu di tinjau lagi karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Dehen Erang selaku pengelola pemakaman Kristen protestan di KM 12 menyampaikan mengenai besaran tarif retribusi pelayanan pemakaman, bahwa kami mengatur pembayaran melalui dinas tata kota yang sebelumnya pada saat itu kita sudah mengatakan kepada pihak keluarga duka setiap dilakukan pemakaman ada pesanan lobang makam pertanahan dikenakan retribusi.

Lanjutnya, pada saat itu ditanggapi beragam diantaranya bagi keluarga yang mampu membayar sangat  menyetujui karena diketahui bahwa retribusi tersebut untuk pemasukan daerah, tetapi bagi keluarga duka yang kurang mampu nilai biaya tersebut sangat berat bagi mereka.

sehingga kami selaku pengelola pemakaman mengatur sedemikian rupa tetap kita penuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setelah perda tersebut sudah habis masa berlakunya ada keinginan untuk memperbaiki namun yang menjadi persoalan adalah nilai biaya retribusi tersebut .

pada awalnya disampaikan kepada kami pengelola pemakaman walaupun nilai tersebut masih konsep  250.000 per makam pada saat itu kita sudah komunikasikan kepada pihak gereja maupun warga kita, berdasarkan nilai itu kita tanggapi cukup besar dan berharap nilai tersebut dikurangi dari awalnya 25.000 per makam di tahun 2014 pada saat itu tidak dipungut biaya lagi dikarenakan pihak perumahan rakyat dan kawasan permukiman ( perkim ) tata kota mengatakan berakhir dikarenakan bila dipungut lagi akan bermasalah mulai dari 2015 sampai 2019 tidak dipungut biaya lagi.

Diharapkan melalui rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat mendapatkan solusi terhadap nilai retribusi. (MC Isen Mulang/Iin/Fauji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*