INFO
Penonaktifan Kartu BPJS Gratis, Solusinya Bisa Gunakan KTP

Penonaktifan Kartu BPJS Gratis, Solusinya Bisa Gunakan KTP

MEDIA CENTER, Palangka Raya – BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya tetap akan melayani masyarakat untuk mendapatkan pelayanan medis meski kartu kepesertaannya telah dinonaktifkan.

Pihak BPJS memberikan solusi untuk tahap pertama bagi peserta JKN atau KIS yang kartu kepesertaannya dinonaktifkan bisa menggunakan KTP untuk berobat.

Namun syarat ini menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya drg Muhammad Masrur Ridwan data peserta yang bersangkutan harus lebih dahulu terverifikasi oleh dinas sosial sebagai calon penerima bantuan iuran (PBI) oleh pemerintah daerah.

“Kalau mereka ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, maka bisa datang ke BPJS untuk menunjukan KTP, kalau memang dia menjadi peserta KIS, maka datanya pasti ada, tinggal memperlihatkan NIK sudah bisa,” kata Masrur saat mengikuti rapat koordinasi penonaktifan penerima PBI non basis data terpadu (BDT) dan pengganti peserta PBI di ruang Peteng Karuhei I, Rabu (4/9/2019).

Masrur menegaskan pada prinsipnya BPJS tidak akan mempersulit masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sebelumnya telah memiliki kartu KIS.

Oleh karena itu pihaknya mengharapkan SOPD teknis, termasuk mulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, rumah sakit, dan dinas sosial untuk segera memfasilitasi para pemegang kartu JKN atau KIS yang sudah dinonaktifkan tersebut untuk bisa mendapatkan kepersertaan yang baru apakah melalui program gratis atau menjadi peserta dari jalur mandiri. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*