INFO
Pentingnya Arsip Untuk Pemerintahan

Pentingnya Arsip Untuk Pemerintahan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Secara umum arsip memiliki fungsi untuk penunjang aktivitas administrasi, alat pengambil keputusan, bukti pertanggungjawaban, sumber informasi, dan wahana komunikasi. Dilakukan rapat pembahasan rancangan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Selasa (16/7/2019).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palangka Raya, Kandarani dalam menyampaikan “Pentingnya arsip, kalau ada permasalahan nanti, pemeriksa akan menanyakan arsipnya, kita dapat memilah arsip mana yg masih diperlukan, mana yang perlu dimusnahkan”. Kandarani juga mengatakan perlu penghargaan untuk pengelola arsip.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Arsip kota Palangka Raya Trecy E Anden, menerangkan juga, “Bahwa nanti diusahakan kedepan insentif yang memadai untuk pengelola arsip, sehingga nanti pengelola arsip ini tidak dianggap remeh”. Ia menerangkan juga, arsip sangat penting, apalagi ketika menyangkut masalah hukum. Sehingga diharapkan pengelola arsip tidak selalu berganti orangnya.

Kasi Pembina Perangkat Daerah Kearsipan, Yusianto sebagai salah satu narasumber menyampaikan juga, “JRA adalah sebuah daftar yang berisi umur arsip, berapa lama kita simpan dan kapan kita musnahkan, atau arsip itu harus kita permanenkan”. Jadi Yusianto mengutarakan, “Gampangnya JRA itu alat untuk mengukur daur hidup arsip”.

Misalnya mengenai Dana Alokasi Umum, arsip tersebut kita simpan selama 7 tahun, 7 tahun penyimpanan itu kita bagi 2 kelompok, arsip aktif kita simpan 2 tahun dan setelah itu arsip non aktif kita simpan 5 tahun. Setelah 7 tahun tidak boleh langsung dimusnahkan, tetapi ditinjau kembali, apabila tidak ada masalah bisa langsung dimusnahkan. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*