INFO
Pentingnya Pemahaman Penggunaan Obat Secara Benar

Pentingnya Pemahaman Penggunaan Obat Secara Benar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kesehatan sangatlah penting karena tanpa tubuh dan jiwa yang sehat, seseorang tidak dapat menjalankan kehidupan dengan normal,  setiap orang mengupayakan dirinya sehat terkadang dengan pengobatan sendiri tanpa resep (swamedikasi).

Penggunaan obat-obatan dengan swamedikasi yang dilakukan oleh masyarakat secara tidak tepat dengan tidak disertai informasi yang memadai, dapat menyebabkan tujuan pengobatan tidak tercapai, namun jika dilakukan dengan benar dapat mendukung upaya pembangunan kesehatan oleh pemerintah, hal ini disampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Ikhwansyah saat membuka acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas menggunakan Obat (GeMas CerMat), Senin (11/3/2019) di Gedung Batang Garing Palangka Raya.

Penggunaan obat bebas secara berlebihan menimbulkan efek samping maupun interaksi obat serta penyalahgunaan obat.Hal ini terjadi akibat tidak diperhatikannya dan tidak dipahami dengan baik oleh masyarakat informasi obat yang tercantum pada kemasan obat, tuturnya.

Selain itu kasus penjualan kembali obat dari limbah rumah tangga disebabkan karena masyarakat belum memahami cara penyimpanan dan pembuangan obat secara benar.

Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, lanjutnya, perlu dilakukan edukasi terhadap masyarakat melalui Sosialisasi GeMas CerMat.

GeMas CerMat ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui kegiatan untuk mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dengan menggunakan obat secara benar.

Diharapkan dengan kegiatan ini, akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, pungkasnya (MC.Isen Mulang/ wulansa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*