INFO
Penutupan Lokalisasi Akan Tuntas 2019

Penutupan Lokalisasi Akan Tuntas 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Ahmad Fauliansyah, mengatakan belum bisa memastikan kapan efektifnya keberadaan lokalisasi di kota Palangka Raya akan ditutup.

Pun demikian kata dia, 
langkah signifikan dari Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk menindaklanjuti instruksi Kementerian Sosial (Kemensos) terkait penutupan lokalisasi ini tetap ditargetkan selesai di tahun 2019.

“Baru-baru ini kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos Kalteng guna menindaklanjuti penutupan lokasi itu.Terutama membicarakan tahapan penutupan,” ungkap Fauliansyah, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, pelaksanaan penutupan lokalisasi tersebut saat ini masih belum bisa dilakukan maksimal, mengingat berbagai pertimbangan. Antara lain sudah mendekatinya pelaksanaan pemilu di bulan April ini dan kemudian dilanjutkan dengan memasuki Bulan Suci Ramadhan.

“Nah, untuk moment Puasa Ramadhan dilanjutkan dengan lebaran, biasanya mereka yang bekerja di lokalisasi akan mudik ke tempat asalnya. Kita berharap seiring adanya edaran terkait penutupan lokalisasi ini, mereka (pekerja seks komersial/PSK red) dapat mengambil sikap untuk tidak kembali lagi ke Palangka Raya,” harapnya.

Namun terlepas dari itu semua lanjut Fauliansyah berdasarkan pertimbangan seusai dua moment tersebut upaya penutupan lokalisasi akan terus dijalankan.

“Terkait penutupan lokalisasi di Palangka Raya ini dalam waktu dekat akan dibahas kembali, bahkan nantinya walikota rencananya akan mengkoordinasikan lintas instansi di lingkup Pemko Palangka Raya,” ujarnya.

Ditambahkan Fauliansyah, penutupan lokalisasi tempat  para PSK tentu harus ditindaklanjuti, mengingat telah menjadi program pemerintah yang menargetkan semua lokalisasi di Indonesia harus ditutup paling lambat 2019.

“Untuk melakukan penutupan lokalisasi ini tentu pemerintah daerah diminta mengalokasikan dana penutupan. Namun kita tetap berharap pemerintah pusat melalui Kemensos tetap menggelontorkan anggaran untuk pemulangan mereka,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*