INFO
Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Ruang Publik

Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Ruang Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Ruang Publik, dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Kalimantan Tengah di Fovere Hotel Jalan G. Obos Induk Nomor 97 Palangka Raya, Selasa (29/10/2019).
 
Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutan yang di wakilkan oleh Asisten II Bidang Pemerintahan, Amandus Frenaldy menyampaikan, “Bangsa Indonesia terdiri atas beribu suku bangsa yang menjalin hubungan bilateral dengan negara lain. Oleh sebab itu kita utamakan penggunaan bahasa Indonesia”.
 
Undang-undang RI nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan terutama dalam pasal 36 ayat 3-4 “Bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau pemukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merk dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia. 
 
Pemartabatan bahasa Indonesia bukan hanya tanggung jawab Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah sebagai lembaga bahasa di daerah, melainkan juga tanggung jawab pemerintah daerah agar bahasa Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan melestarikan bahasa daerah, terutama bahasa daerah yang ada di Kalimantan Tengah sebagai lambang jati diri kedaerahan agar tetap lestari dan tidak terancam punah.
 
Diakhir sambutannya Walikota berharap Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam media luar ruang perlu didukung dengan kemampuan berbahasa Indonesia bagi para pejabat, staf pemerintahan dan swasta sehingga perlu bekerja sama dalam hal peningkatan kompetensi Berbahasa Indonesia di Kalimantan Tengah khususnya kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*