INFO

Penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Untuk mendukung percepatan penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) pada tahun ini Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali melakukan penyusunan IDI, bertempat di kantor BPS Provinsi Kalteng Jalan Kapten Piere Tendean no. 6 Palangka Raya, Kamis (16/1/2020).

“Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) merupakan indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia. Tingkat perkembangan demokrasi tersebut diukur berdasarkan pelaksaan dan perkembangan sejumlah aspek demokrasi. Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan penyebarluasan data dan informai statistik yang berkualitas kepada pemerintah dan masyarakat, penyusunan IDI ini dengan mengunakan data tahun 2019”, ungkap Ambar Dwi Santoso sebagai Kepala Bidang Statistik Sosial mewakili kepala BPS Provinsi Kalteng.

Dijelaskan juga tahun 2018 IDI Kalteng mencapai 71,27 atau mengalami penurunan 4,85 poin dibandingkan tahun 2017, dan dalam periode pengukuran 2009-2018 IDI Kalteng tergolong kategori ‘sedang’ jika dilihat dari skala 0-60 kategori buruk, 61-80 kategori sedang dan 81-100 masuk kategori baik.

Ambar menjelaskan juga komponen penghitungan IDI terdiri atas 3 aspek, 11 variabel dan 28 inditor, 3 aspek tersebut adalah pertama, Kebebasan Sipil dengan variabel kebebasan berkumpul dan berserikat, kebebasan berpendapat, kebebasan berkeyakinan, kebebasan dari dikrimiminasi.

Aspek kedua, hak-hak Politik  dengan variabel hak memilih dan dipilih, variabel partisipasi pilitik dalam pengambilan keputusan dan pengawasan pemerintah dan aspek ketiga yaitu aspek lembaga demokrasi dengan variabel pemilu yang bebas dan adil, variabel peran DPRD, variabel peran Partai Politik , peran Birokrasi Pemerintah Daerah dan variabel Peradilan yang independen. Semua data yang dipakai mengunakan data tahun 2019. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*