INFO
Penyusunan RKPD Kota Palangka Raya Selaras Dengan Dokumen RKP dan RKPD Provinsi

Penyusunan RKPD Kota Palangka Raya Selaras Dengan Dokumen RKP dan RKPD Provinsi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bappedalitbang Provinsi Kalteng sampaikan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah, Isu dan Masalah Strategis Prioritas Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 pada Musrenbang RKPD Kota Palangka Raya yang diselenggarakan hari ini, Selasa (2/4/2019) di Gedung Palampang Tarung, komplek Kantor Walikota Palangka Raya.

Dengan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 dengan tema pembangunan peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas, Tukas S.Sos Kabid Sosial dan Pemerintahan Bappedalitbang Provinsi Kalteng menyampaikan bahwa Rencana Kerja Pemerintah ( RKP)  Tahun 2020 antara lain : pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan; infrastruktur dan pemerataan wilayah; nilai tambah sektor riil, industrialisasi dan kesempatan kerja; ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup; serta stabilitas pertahanan dan keamanan.

Disamping itu juga menekankan pada kesetaraan gender, tata kelola, kerentanan bencana dan perubahan iklim, modal sosial budaya dan transformasi digital.

Adapun sasaran dan prioritas pembangunan wilayah Kalimantan Tengah antara lain : hilirisasi perkebunan sawit, serta pertambangan nikel dan batubara; pembangunan jalur rel kereta api kalimantan; pengembangan kawasan industri terpadu pelabuhan Kijing; pengembangan kawasan perbatasan; dan pembangunan kawasan perdesaan dan kawasan pariwisata.

Sedangkan tema pembangunan tahun 2020 adalah ” Pemantapan Struktur Ekonomi Melalui Optimalisasi Investasi dan Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi Produk UnggulN Daerah”.

Isu strategis pembangunan kalimantan tengah tahun 2020 meliputi : percepatan penyelesaian permasalahan kawasan hutan dalam RTRWP Kalteng, pengelolaan SDA dan LH dan mitigasi bencana kebakaran lahan, hutan dan kebun; peningkatan kualitas SDM dan tenaga kerja berdaya saing; pengembangan green economy dan green government dalam realisasi pembangunan daerah; desentralisasi sektor pertanian berbasis teknologi ramah lingkungan; percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan aksesibilitas wilayah; penggalian potensi sumber daya alam melalui optimalisasi investasi; pemerataan kesejahteraan masyarakat;  dan mewujudkan good governance secara menyeluruh.

Arah kebijakan dan prioritas pembangunan provinsi kalteng tahun 2020 sesuai dengan RPJMD Provinsi Kalteng 2016 – 2021 meliputi : pemerataan infrastruktur wilayah; peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan, pesisir dan pantai; stabilitas ekonomi daerah; peningkatan pendapatan masyarakat; peningkatan kualitas reformasi birokrasi; peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas; pengelolaan industri pariwisata; pengelolaan SDA secara bijaksana dan berkelanjutan; serta peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi PAD.

Selanjutnya untuk prioritas kewilayahan kota palangka raya sesuai RPJMD Provinsi Kalteng tahun 2016 – 2021 terdiri dari : pemeliharaan jalan lintas kalimantan poros selatan; pembangunan jalan palangka raya bukit liti, bukit batu, dan batu ampah; pengembangan pelabuhan bukit pinang; pengembangan bandara tjilik riwut; rehabilitasi dermaga sungai di petuk ketimpun dan tangkiling; pembangunan serat optik; penataan flamboyan bawah sebagai waterfront city; penataan bundaran besar sebagai land mark palangka raya serta pengembangan klaster sapi. (MC. Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*