INFO
Perampingan OPD, Jangan Khawatir Tak Ada Non Job

Perampingan OPD, Jangan Khawatir Tak Ada Non Job

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui DPRD  Palangka Raya melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), telah menetapkan raperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Palangka Raya.

Menurut Ketua Bapemperda Kota Palangka Raya, Riduanto  pada saat paripurna yang lalu, pihaknya telah menetapkan  raperda tersebut, salah satu point pentingnya adalah adanya perampingan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Disebutkan, Pemko Palangka Raya memiliki 36 perangkat daerah, dan setelah adanya pembahasan perda tersebut dipastikan akan ada peleburan sejumlah OPD yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang bisa digabungkan.

“Setidaknya akan ada penggabungan empat dinas dan dua badan. Sehingga menjadi dua dinas dan satu badan. Dengan begitu pemko hanya memiliki 33 OPD,” sebutnya, Senin (21/10/2019)

Adapun sejumlah perangkat daerah yang dilebur atau digabungkan tersebut lanjut Riduanto, yakni  Dinas Kepemudaan dan Olahraga dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan Dinas Koperasi dan UMKM.
Kemudian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah akan dilebur dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

“Dengan adanya penggabungan OPD ini, tentu akan ada penghematan anggaran. Dana ini yang nantinya bisa digunakan  untuk membantu program pembangunan,” jelasnya.

Disisi lain politikus PDI Perjuangan ini memastikan, bagi  posisi pejabat  maupun kepala OPD yang mengalami penggabungan, maka tidak perlu khawatir, sebab tidak akan ada pejabat yang non job atau tak memiliki jabatan struktural.

Hal tersebut menurutnya, bisa dilihat masih banyaknya jabatan kepala OPD yang berstatus, pelaksana tugas (Plt). Dalam artian pimpinan definitifnya tak ada. Sehingga pejabat yang jabatannya setingkat tetap bisa mengisi jabatan yang kosong.

“Berdasarkan data, ada 92 orang pejabat eselon yang tersedia, dan 97 jabatan seperti kabid, kadis, dan lain-lain yang siap di isi. Jadi tidak ada yang akan non job, kepala daerah telah menjamin. Kami juga  telah melakukan koordinasi bersama dengan Walikota dan Sekda,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*