INFO
Peran Masyarakat Cegah Kekerasan Terhadap Anak Melalui PATBM

Peran Masyarakat Cegah Kekerasan Terhadap Anak Melalui PATBM

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) melaksanakan kegiatan Pelatihan bagi Aktivis/Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota, Kamis (7/11/2019).
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Tim Fasilitator Daerah PATBM Kota Palangka Raya 4 orang dan Kader atau Aktivis berjumlah 50 orang dari 10 Kelurahan di Kota Palangka Raya.
 
Sahdin Hasan selaku Kepala Dinas DPPKBP3A menyampaikan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader/aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dalam mengenali, menelaah dan mengidentifikasi untuk mencegah dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak dan perempuan yang terjadi di masyarakat Kota Palangka Raya sebagai upaya untuk memberikan perlindungan terhadap anak. 
 
“Lingkungan sekitar kita, baik sekolah dan rumah dapat mempengaruhi tindakan terjadinya kekerasan terhadap anak maka perlu peran pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk melindungi ana-anak. Karena permasalahan yang terjadi pada anak seperti kekerasan fisik, kekerasan seksual dan bullying yang mengetahui pertama kali selain keluarga adalah masyarakat”,ungkap Sahdin.
 
Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya ini mengatakan setelah mengikuti kegiatan para kader/aktivis dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih peka pada masalah kekerasan anak yang terjadi di masyarakat serta meningkatkan peran serta masyarakat memberi perlindungan terhadap anak dan perempuan.
 
PATBM merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungam Anak sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah kekerasan kepada anak yang terjadi di masyarakat, memberi perlindungan anak, mencegah kekerasan terhadap anak dan menanggapi kekerasan.(MC Isen Mulang/Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*