INFO

Peran Pelaku Usaha Hadapi Tatanan Kehidupan Baru

MEDIA CENTER, Palangka Raya, – Sosialisasi untuk menerapkan protokol kesehatan menuju tatanan kehidupan baru (new normal) terus dilakukan tim gugus tugas Covid-19 Kota Palangka Raya.

Rangkaian sosialisasi ini menyasar pada sejumlah tempat-tempat keramaian seperti warung makan, pasar tradisional, pertokoan modern maupun warung atau kafe yang ada di Kota Palangka Raya.

Saat dimintai keterangannya, perwira pengendali lapangan sekaligus Wakasatreskrim Polresta Palangka Raya Iptu Suharno mengatakan sosialisasi ini tidak hanya berbentuk imbauan, melainkan juga pengaturan tempat duduk bagi warung kopi atau kafe dan penerapan protokol kesehatan dengan benar.

“Untuk di warung sembako atau pertokoan modern kita imbau juga selalu jaga jarak dan tetap menggunakan masker atau pelindung wajah (face shield) bagi pelayan toko maupun pembeli serta dibuar sekat di meja kasir,” sahut Iptu Suharno di salah satu warung kopi di Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Selasa (7/7/2020).

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan melibatkan aparat TNI/Polri, unsur pemerintah dari Satpol PP, Dinas Perhubungan,Diskominfo Kota Palangka Raya Tokoh Adat dan Tokoh agama.

“Seperti di pasar tradisional, tiap sudut pasar pemerintah menyediakan tempat cuci tangan portable, artinya setiap pengunjung pasar baik pedagang dan pembeli disiplin mencuci tangan dan wajib pakai masker,” tutur Iptu Suharno.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada pengurus pasar serta merta membantu tim gugus tugas penanganan Covid-19 ikut berkolaborasi mengimbau warga yang berkunjung ke pasar menjalankan protokol kesehatan.

“Kita mengajak pemilik usaha turut berperan memutus rantai penyebaran virus. Salah satu contoh dengan pemilik usaha mengimbau pelanggannya cuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja dan wajib memakai masker,”terang perwira tersebut.

Menurutnya pelaku usaha di wilayah Kota Palangka Raya harus mampu dan beradaptasi dengan pola tatanan kehidupan baru (new normal) dengan menerapkan protokol kesehatan.(MC. Isen Mulang/Rani/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*