INFO
Peran Pemerintah Kota Palangka Raya Cegah Stunting

Peran Pemerintah Kota Palangka Raya Cegah Stunting

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Palangka Raya mengadakan Rapat Kebijakan Pemerintah Pusat Penurunan Stunting di Ruang Rapat Rahan Pumpung Hapakat, Selasa (15/10/2019).

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perekonomian, Kesra dan Pengendalian Kristub Subur dan dihadiri oleh perwakilan OPD di lingkungan Pemko Palangka Raya dan Camat.

dr. Dewi Rama Dewa mewakili Dinas Kesehatan menyebut bahwa Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan OPD di lingkungan Pemko Palangka Raya mencegah stunting dan Bappeda sebagai koordinator penganggarannya.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kota Palangka Raya tersebut stunting dimulai dari usia dini.

“Ketika si ibu kurang asupan gizi saat hamil, maka dia akan melahirkan bayi dengan berat badan yang kurang dan perkembangan anaknya terindikasi stunting. Stunting tidak hanya membuat seseorang pendek tetapi juga akan mengalami gangguan kecerdasan.

Rendahnya konsumsi pada makanan bergizi, kurang asupan mineral dan vitamin dan kurangnya sumber protein hewani akan memperburuk keadaan tersebut” jelas dr.Dewi.

Oleh karena itu, lanjut Dewi nanti seluruh SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya turut berkontribusi untuk mensosialisasikan ke masyarakat salah satunya dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Karena stunting ini disebabkan oleh faktor multidimensi maka  penanganannya perlu dilakukan oleh multi sektor di OPD Pemko Palangka Raya.”

Salah satu gerakan dari Dinas Kesehatan Kota menangani stunting ini adalah bekerja sama dengan KUA dan Disdukcapil.
“Tidak hanya imunisasi calon pasangan pengantin tapi juga surat keterangan laboratorium bebas HIV dan Narkoba serta bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mencegah pernikahan usia dini karena korelasi antara pernikahan dini sangat berpengaruh stunting pada anak.” tutup dr. Dewi. (MC.Isen Mulang/Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*