INFO
Peran Tokoh Strategis Dalam Pembauran Kebangsaan

Peran Tokoh Strategis Dalam Pembauran Kebangsaan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Kesbangpol Kota Palangka Raya, Januminro mengatakan, keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) salah satunya memerlukan peran penting tokoh masyarakat,  tokoh agama dan tokoh adat. 

“Peran para tokoh ini sangat strategis dalam mendukung tujuan dari FPK, “ungkapnya saat memberikan stressing pada kegiatan sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) tingkat kecamatan se Kota Palangka Raya, di aula kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Rabu (12/12/2018).

Menurut Januminro,  tugas pokok FPK yang sudah terbentuk disetiap kecamatan di Kota Palangka Raya diharap mampu untuk menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan.

Selain itu FPK terus meningkatkan dialog, baik dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

Selanjutnya FPK juga diharap bisa menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya, kearifan lokal, merumuskan kebijakan serta merumuskan rekomendasi kepada pimpinan daerah.

“Tak kalah penting pengurus FPK juga harus mampu merangkul banyak tokoh, baik tokoh masyarakat, agama, etnis. Ini untuk memperkuat integrasi antar masyarakat yang terdiri dari berbagai ras, suku dan etnis,” tuturnya. 

Dalam bagian lain tambah Januminro,  FPK juga berperan dalam memperkuat integrasi dalam keberagaman bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian.

“Sosialisasi yang digelar ini merupakan pembekalan bagi para pengurus FPK tingkat kecamatan se Kota Palangka Raya untuk memperkuat fungsi serta tujuan untuk merangkul semua golongan maupun elemen masyarakat,” jelasnya.  (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*