INFO
Perda Rumah Walet akan Segera di Evaluasi

Perda Rumah Walet akan Segera di Evaluasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perda sarang walet adalah salah satu regulasi dari peraturan daerah  Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya , yang saat ini masih belum dapat terlaksana secara maksimal, terutama dalam penegakkannya oleh aparat penegak perda yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung mengatakan, jika penindakan terkait perda walet itu sendiri masih belum bisa dilakukan,  dikarenakan masih belum maksimalnya aturan dan regulasi yang mengatur secara utuh terkait pemberian sanksi bagi para pemilik bangunan walet.

“Terutama bagi pengusaha yang tidak memiliki  izin sesuai ketentuan. Nah, inilah yang kerap dinilai oleh aparat penegak perda, masih kurang kuat,” katanya, Jumat (26/7/2019).

Padahal lanjut Nenie, pentingnya penegakkan perda walet tersebut dilakukan, mengingat perda ini sebelumnya diharapkan mampu menjadi salah satu sumber pendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palangka Raya.

Dengan belum kuatnya aturan penindakan bagi para pemilik bangunan walet ini, maka pihak dewan kata dia, akan segera menindak lanjuti dan melakukan evaluasi terkait dengan pengaturan perda walet tersebut.

“Kita dari dewan mendukung secara penuh untuk dilakukannya implementasi nyata dari perda walet. Terlebih perda ini menjadi salah satu pembahasan kita dan hal tersebut pun sudah disampaikan oleh walikota,” bebernya.

Nenie mengakui, jika perda walet sejauh ini masih memerlukan evaluasi secara keseluruhan. Karena ada beberapa hal yang harus di tegaskan kembali isi dari perda.

Memang tambah dia, perda walet itu sendiri merupakan salah satu perda inisiatif yang dikeluarkan oleh DPRD Palangka Raya, sebagai wujud mendorong pengawasan, penindakan, pemeriksaan, terhadap seluruh pemilik bangunan walet yang ada di Kota Palangka Raya.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan walikota, kita akan segera menindaklanjuti hal tersebut, dan tunggu saja langkah kongkretnya seperti apa nanti yang akan kita putuskan dan itu harus melalui forum,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*