INFO
Perdalam Referensi Raperda LKK

Perdalam Referensi Raperda LKK

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Beberapa waktu lalu Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Palangka Raya, melakukan studi banding ke Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Rombongan yang dipimpin Ketua Bapemperda DPRD Palangka Raya, Riduanto dan seluruh anggotanya diterima oleh perwakilan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Riduanto menjelaskan, studi banding ke Kabupaten itu adalah terkait pembahasan Raperda inisiatif DPRD tentang Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan (LKK) sebagaimana yang diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakat desa dan lembaga adat desa.

“Studi banding kami ke Kabupaten Banjar ini adalah untuk pengayaan referensi guna menyusun rancangan awal peraturan serupa di Kota Palangka Raya, yang sesuai dengan Permendagri,”jelasnya, Kamis (4/3/2021).

Dipilihnya Kabupaten Banjar sebagai tujuan studi banding lanjut dia, dikarenakan Kabupaten itu telah memiliki peraturan Bupati Banjar nomor 21 tahun 2019 tentang LKK. Mengapa peraturan tersebut dinilai penting, dijelaskan oleh Politisi PDI Perjuangan.

“Peraturan ini penting guna meningkatkan peran lembaga kemasyarakatan dalam jalannya Pemerintahan, terlebih tidak sedikit permasalahan yang muncul karena tidak adanya peraturan terkait pemberdayaan lembaga masyarakat,”tukasnya.

Karenanya, melalui studi banding tersebut sambungnya, Bapemperda DPRD Palangka Raya dapat mendalami lebih jauh serta menyamakan persepsi tentang arah kebijakan pembinaan kemasyarakatan melalui LKK.

“Semoga dari hasil studi banding ini dapat menjadi hal yang positif bagi LKK di 30 kelurahan dan 5 kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya untuk kedepannya,”tandas Riduanto. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*