INFO
Perencanaan Pembangunan Harus Di Tahun Berjalan

Perencanaan Pembangunan Harus Di Tahun Berjalan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memaksimalkan perencanaan program pembangunan lebih awal atau di tahun perencanaan program yang sedang berjalan.

“Contoh perencanaan program untuk tahun 2020 mendatang, maka program perencanaan harus sudah dirancang ditahun ini,”ungkapnya usai rapat kerja dengan pihak eksekutif Pemko Palangka Raya, terkait draf Kebijakan Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Kata Sigit, pihaknya sejak lama  menginginkan agar program perencanaan OPD harus dilakukan sejak awal. Namun herannya kata dia, masih saja target serapan anggaran dan pekerjaan fisik di OPD tidak sesuai harapan.

“Terlihat dari setiap triwulan, dimana serapan anggaran tidak tercapai Pun begitu juga dengan target fisik pembangunan.Kondisi ini tentu merugikan,termasuk  pada pendapatan daerah,” jelasnya, Selasa (23/7/2019).

Menurut Sigit, apabila setiap perencanaan dilakukan akhir tahun berjalan, maka pekerjaan yang dilaksanakan dari setiap program kegiatan yang dilaksanakan tidak sesuai harapan serta target.

“Sering terjadi, karena buru-buru hasil pekerjaan jadi kurang maksimal. Baik kualitas maupun kuantitasnya,”tukas dia.

Kata Sigit, ada baiknya setiap penyusunan perencanaan program pembangunan, memerlukan metode  yang ideal. Dalam artian, masih lemahnya serapan anggaran selama ini harus ada upaya perbaikan.

“Yaitu tadi, kita menyarankan ditahun ini perencanaan untuk pembangunan di tahun 2020, dari sekarang dilakukan . Sehingga  di awal tahun tersebut proses pengerjaan sudah dilakukan,” cetusnya lagi.

Jika hal tersebut bisa dilakukan tambah Sigit, maka program kegiatan penyerapan anggaran dapat terealisasi sesuai harapan.

“Intinya tergantung metode perencanaan awal yang baik. Kita harap seluruh OPD mampu menjalankan hal ini, sehingga penyerapan anggaran terealisasi sesuai harapan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*