INFO
Perhatikan Empat Komponen Dalam Realisasi Serapan Anggaran

Perhatikan Empat Komponen Dalam Realisasi Serapan Anggaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Semua  kepala  OPD lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diminta segera melakukan konsolidasi menyeluruh di dalam perangkat terkaitnya masing-masing. Terutama mensinkronisasikan pengelolaan data realisasi APBD dan Pengadaan Barang dan Jasa.

“Hal ini penting ditindaklanjuti, sebab akan mempengaruhi serapan anggaran,” ungkap Plt Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Palangka Raya, Murni D Djinu, usai memimpin rapat Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) di Aula Peteng Karuhei (PK) II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (12/6/2019).

Menurut Murni, guna mensinkronisasikan data realisasi APBD dan Pengadaan Barang dan Jasa, maka setiap OPD harus memperhatikan empat komponen yang sangat berperan penting dalam mempengaruhi pelaksanaan serapan anggaran.

Empat komponen itu kata dia, antara lain, peran Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang bisa di angkat langsung oleh kepala dinas. Lalu Pejabat Pengelola Teknis Kegiatan, Pejabat Pengadaan dan  Kasubag Perencanaan.

“Semua komponen ini harus dapat dikonsolidasikan serta  bersinergi dalam mengejar realisasi dan target yang ditetapkan,” bebernya.

Jika hal ini bisa dilakukan imbuh Murni, maka diyakini dapat berpengaruh signifikan dalam setiap program APBD.

“Bicara sinkronisasi pengadaan barang dan jasa ini tentu harus melalui prosedur. Manakala OPD terlambat tentu beresiko  terhambatnya realisasi  serapan anggaran,” tukasnya.

Bagusnya tambah Murni dalam realisasi serapan anggaran OPD saat ini sudah cukup signifikan. Meskipun ada OPD yang masih rendah serapannya karena dipengaruhi lambatnya sinkronisasi pengadaan barang dan jasa. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*