INFO
Perhitungan di TPS Hingga Subuh, Pleno Tingkat PPK Ditunda

Perhitungan di TPS Hingga Subuh, Pleno Tingkat PPK Ditunda

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kerja keras Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Palangka Raya tampak terlihat pada hari pencoblosan dan pengitungan suara pada pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 yang lalu.

Para petugas KPPS ini bekerja menyelesaikan tugasnya sampai  keesokan harinya, yakni  sampai dengan waktu subuh bahkan pagi hari yang menunjukan sudah memasuki  hari pasca pemilu.

Kondisi ini ternyata berdampak pada stamina para petugas KPPS, hingga tidak sedikit dari mereka yang kelelahan dan perlu istirahat.

Dampaknya pun terlihat pada jadwal pleno perhitungan suara ditingkat kecamatan (PPK) yang terpaksa harus ditunda.

“Setelah tanggal 17 April kemarin, maka sesuai jadwal hari ini akan dilakukan rekap maupun perhitungan ditingkat Kecamatan Pahandut. Namun terpaksa ditunda hingga Jumat, 19 April. Ini dilakukan karena banyak petugas KPPS  kelelahan secara fisik,”Kata Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, Kamis (18/4/2019).

Dikatakan, penundaan tersebut juga berlaku untuk sejumlah kecamatan lain di Palangka Raya, dan mulai dilakukan pleno pada hari Jumat yang sama. Kecuali untuk Kecamatan Rakumpit yang sudah dilakukan  pleno serta rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu.

“Sesuai aturan maka rapat pleno tingkat PPK akan dihadiri para saksi atau utusan partai yang sudah mengantongi surat mandat dari partai atau peserta pemilu,” terang Ngismatul saat di jumpai di Sekretariat PPK Kecamatan Pahandut Palangka Raya.

Ditanya terkait hasil perhitungan, hingga saat ini pihaknya kata Ngismatul belum bisa memastikan kapan hal itu selesai dilakukan.

“Kalau tidak ada komplain bisa cepat selesai, tetapi saya perkirakan untuk Jekan Raya dan Pahandut akan lama karena di lokasi itu ada ratusan TPS,” sebutnya.

Jika berdasarkan aturan terang Ngismatul, maka  di atas 300 TPS diberi batas waktu penuntasan hasil perhitungan suara  selama 15 hari. Sedangkan di bawah 300 TPS, maka hasil perhitungan suara  batas waktunya 10 hari.

Ditempat yang sama Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, pihaknya bersama TNI tetap siap untuk mengawal dan mengamankan proses lanjutan pemilu.

“Intinya kami siap untuk mengawal dan mengamankan hingga pemilu selesai,” tegasnya dengan singkat. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*