INFO

Peringatan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke-64 Berlangsung Sederhana

MEDIA CENTER – Palangka Raya, Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya Ke-56 dan Kota Palangka Raya ke-64 berlangsung sederhana mengingat kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Palangka Raya masih tinggi. Kegiatan ini berlangsung di Aula Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya Jalan Diponegoro, Sabtu (17/7/2021).

Dalam kegiatan ini turut hadir Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah, Kapolresta Kota Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, Dandim Plk 1016/Kodim Kota Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf, Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, Staf Ahli Walikota Palangka Raya serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang melanda secara berkepanjangan, pembangunan yang telah dilaksanakan bersama antara Pemerintah Kota Palangka Raya dan masyarakat Kota Palangka Raya tetap mampu bertahan dan menunjukkan beberapa perubahan meskipun berjalan lambat, hal tersebut dapat dilihat antara lain, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku Kota Palangka Raya tahun 2020 sebesar 18,29 triliun rupiah sedikit mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019 sebesar 18,32 triliun, dan Pemerintah Kota Palangka Raya menempati peringkat ke-3 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang nilai PDRB nya di atas rata-rata.

Selain itu ungkap Fairid, Pendidikan di Kota Palangka Raya mengalami perkembangan yang ditunjukkan dengan meningkatnya angka harapan lama sekolah. Harapan lama Sekolah Kota Palangka Raya Tahun 2020 sebesar 14,95 tahun meningkat 0,1 persen dari tahun 2019 yaitu sebesar 14,94 tahun.

Umur Hidup di Kota Palangka Raya juga mengalami peningkatan sebesar 0,2 persen dari tahun 2019 sebesar 73,19 tahun menjadi 73,21 tahun di tahun 2021, dan ini lebih tinggi dari rata-rata di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2020 yaitu 69,74 tahun. Hal ini disebabkan karena adanya perbaikan sarana dan fasilitas kesehatan diiringi dengan penambahan sumber daya kesehatan seperti dokter, tenaga medis dan lainnya.

“Selain berbagai kemajuan pembangunan yang telah dicapai, berbagai prestasi juga mampu diraih oleh Kota Palangka Raya antara lain, mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI secara berturut – turut, BKN Award Tahun 2021 kategori 5 dalam Komitmen Pengawasan dan Pengendalian dan masih beberapa capaian kinerja yang telah diraih di masa Pandemi Covid-19 ini,” pungkas Fairid. (MC Isen Mulang/Fauji/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*