INFO
Peringatan World Cleanup Day Tingkat Kota Palangka Raya

Peringatan World Cleanup Day Tingkat Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER – Palangka Raya, Peringatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2021 tingkat Kota Palangka Raya dilaksanakan di Bundaran Burung Jl. RTA Milono Kota Palangka Raya, Jumat (17/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Palangka Raya yang di wakili oleh Staff Ahli Walikota Palangka Raya Bidang Pembangunan Ekonomi Keuangan, Murni S. Djinu. Ia menyampaikan bahwa World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah.

Serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi. Dikarenakan  situasi pandemi COVID-19 di Kota Palangka Raya, aksi cleanup di tahun 2021 dilaksanakan secara terbatas dan didukung dengan gerakan aksi pungut sampah dan pilah sampah dari Rumah.Tema WCD Tahun ini adalah Bersatu untuk Indonesia bersih, ucapnya.

Zaini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya menambahkan bahwa Kegiatan aksi pungut sampah ini melibatkan OPD lingkup pemerintah kota Palangka Raya, Camat, Lurah, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit dan komunitas masyarakat peduli sampah.

Para peserta melakukan penyisiran dan pemungutan sampah sepanjang jalan yang telah ditentukan, hasil dari pungut sampah dipilah kemudian disetorkan ke bank sampah.

Pada acara ini masyarakat juga dapat menyetorkan hasil pilah sampah dari rumah ke bank sampah yang telah disediakan.

Panitia juga telah menggalang sedekah sampah, dengan membagi 50 keranjang sedekah sampah ke beberapa rumah ibadah. Hasil sedekah sampah ini juga dikumpulkan dan disetor ke bank sampah,hasil penjualan nanti diperuntukkan untuk keperluan sosial, ucapnya.

Zaini berharap acara WCD ini gaungnya bisa dirasakan, sehingga kita semua sebagai masyarakat kota cantik Palangka Raya menyadari arti penting menjaga kebersihan Kota Palangka Raya sebagaimana keinginan dari Walikota Palangka Raya dalam mewujudkan Smart Environment. (MC Isen Mulang/Fauji/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*