INFO
Perkuat Karakter Pariwisata Melalui Penguatan SDM

Perkuat Karakter Pariwisata Melalui Penguatan SDM

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sektor kepariwisataan di Kota Palangka Raya diharapkan mampu terus berkembang secara maksimal. Guna mencapai hal tersebut, tentu harus dibarengi dengan penguatan sumber daya manusia dalam hal pengelolaan.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, usai membuka kegiatan pelatihan tata kelola destinasi wisata, Selasa (1/10/2019), di Aquarius Boetique Hotel, Palangka Raya.

Saat ini lanjut Umi, upaya membangun sektor pariwisata di Kota Palangka Raya terus digiatkan, tidak hanya dilakukan pemerintah, namun juga masyarakat serta dunia usaha.

“Kami mengapresiasi  upaya masyarakat yang turut berperan dalam memajukan sektor pariwisata. Ini menunjukkan upaya membangun karakter pariwisata mulai terwujud,” tambahnya.

Baru-baru ini lanjut Umi, ada salah satu contoh kelurahan di kota Palangka Raya yang berprestasi mendapatkan penghargaan nasional di bidang kepariwisataan., hasil tersebut tentu sejalan dengan harapan visi misi pemerintahan Kota Cantik saat ini.

Seperti penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019, yang diraih Kelurahan Kereng Bangkirai untuk pengelolaan pariwisata. “Ini menunjukkan wisata kita mampu bersaing dengan destinasi wilayah lain di Indonesia ini,” terangnya.

Umi pun berharap, agar kelurahan-kelurahan mampu pula menjadi pelopor ataupun percontohan destinasi di wilayah masing-masing. Dengan mampu menggali dan memanfaatkan keindahan ataupun hal-hal yang menarik yang mampu dijadikan destinasi wisata.

“Banyak yang bisa digali dan dikembangkan, seperti Sei Gohong yang mulai berbenah agar destinasi wisatanya menarik. Saya yakin kelurahan lainnya memiliki  ikon yang dapat di tonjolkan menjadi tempat wisata menarik,” tuturnya.

Disisi lain mantan anggota DPRD Palangka Raya ini mengungkapkan, dengan adanya sinergitas antara pemerintah dan pelaku usaha pariwisata ataupun masyarakat. Maka keinginan tersebut akan sangat mudah terwujud, dan menjadikan Kota Cantik tujuan destinasi wisata di Kalteng.

“Seperti halnya pelatihan tata kelola pariwisata, kami berharap dapat dimanfaatkan benar-benar oleh peserta. Karena tujuan adalah bagaimana pariwisata kita dapat tereksplor dengan baik,” tukas Umi.

Disinggung peranan penting kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di kota ini, menurut Umi, keberadaan mereka menjadi sangat penting dalam mendorong sektor pariwisata di Kota Palangka Raya agar lebih dapat berkembang. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*