INFO
Perkuat Kompetensi Kepala Sekolah

Perkuat Kompetensi Kepala Sekolah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Mukarramah mendorong Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya untuk melakukan penguatan kapasitas kredibilitas maupun integritas kepada setiap calon kepala sekolah agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Kedepan Disdik harus membenahi, kompetensi dan kepatutan, terutama kepada calon kepala sekolah (Kepsek), yang nota bene sebagai penyelenggara pendidikan di sekolah,” katanya, Selasa (2/7/2019).

Ungkap Mukarramah, sudah selayaknya seorang aparatur sipil negara (ASN) yang ingin memposisikan diri sebagai kepala sekolah pada sekolah yang diharapkan memiliki kualifikasi dan prasyaratan tertentu. Karenanya diperlukan pembenahan. Baik uji kompetensi dan seleksi kepada calon kepala sekolah.

“Ini demi terwujudnya sistem dan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan bebas praktek
pungli,” tukasnya.

Sudah barang tentu lanjut Mukarramah, dalam uji kelayakan itu sendiri akan mencakup berbagai pengembangan. Seperti kepribadian dan kepatutan diri dalam pengabdian dalam memimpin jalannya sistem pembelajaran disuatu sekolah.

Perlunya pengembangan dan pembenahan kompetensi itu kata dia, tidak lain sebagai respon terhadap perkembangan yang terjadi didunia pendidikan. Terlebih setelah adanya peristiwa OTT terhadap oknum kepala sekolah di Palangka Raya dan dua orang pendidik oleh Kejaksaan Negeri Palangka Raya.

“Peristiwa itu menandakan catatan sejarah yang kelam bagi sistem pendidikan khususnya bagi sekolah, orang tua dan peserta didik,” tukasnya.

Karena itulah sambung Mukarramah, perlunya uji kopentensi dan uji kepatutan dilakukan, guna mengevaluasi karakter serta pengetahuan bagi guru dan kepala sekolah yang sejatinya sebagai ujung tombak memajukan dunia pendidikan. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*