INFO
Perkuat Pemahaman Masyarakat akan Dampak Karhutla

Perkuat Pemahaman Masyarakat akan Dampak Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Kalimantan Tengah, khususnya di Kota Palangka Raya, mendapat perhatian secara luas.

Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto menilai jika persoalan karhutla tersebut dapat diminimalisir apabila sosialisasi lebih gencar dilakukan pemerintah kepada seluruh elemen masyarakat.

“Perlu pemahaman secara berkelanjutan mengenai bencana karhutla, dengan pendekatan secara social society,” ujarnya.

Menurut Sigit,  masyarakat perlu informasi lebih, tentang  bahaya serta dampak negatif bahkan efek samping dari karhutla. Termasuk bagaimana besarnya kerugian yang diakibatkan apabila karhutla sampai merusak lingkungan hingga kesehatan.

Lebih jauh politikus yang kembali terpilih sebagai wakil rakyat di DPRD Palangka Raya ini menilai, jika pemerintah daerah bersama dengan satgas penanggulangan karhutla memiliki perlengkapan serta personil yang cukup memadai dalam melakukan sosialisasi serta mengajak masyarakat meminimalisir karhutla.

Ketegasan aturan serta informasi atas kegiatan membakar lahan mana yang masih bisa di toleransi, haruslah diinformasikan agar tak ada kerancuan terjadi dimasyarakat.

Namun yang menjadi catatan, tambah Sigit, sosialisasi hendaknya dilakukan jauh hari sebelum musim kemarau tiba. Akan lebih efektif dirasakan apabila pendekatan kepada masyarakat dilakukan bukan pada saat mendekati atau saat telah memasuki kemarau.

“Kedepannya perlu dinamika perubahan. Ibarat kata sosialisasi bisa dilakukan awal tahun, meskipun masih dalam musim hujan. Ya. Ini upaya dini sebagai cara pencegahan karhutla secara masif,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/Kesbangpol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*