INFO
Perkuat Pengawasan dan Antisipasi Virus Corona

Perkuat Pengawasan dan Antisipasi Virus Corona

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Langkah sigap dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, yakni melakukan antisipasi penyebaran dan pencegahan datangnya virus corona yang berasal China.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Anjar Hari Purnomo mengatakan, langkah antisipasi penyebaran dan pencegahan datangnya virus corona tersebut, salah satunya dengan mengintensifkan berbagai fasilitas pelayanan medis.

“Intinya, meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona,walaupun sejauh ini belum ada laporan terkait pasien terindikasi menderita virus tersebut,”ungkap Anjar, Senin (27/1/2020).

Dikatakan, upaya melakukan antisipasi terhadap wabah virus corona tersebut, maka Dinkes Kota Palangka Raya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Kita sudah imbau kepada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) agar memperhatikan dan mewaspadai apabila ada pasien yang mengalami gejala virus tersebut,”terangnya.

Disebutkan, mengurangi resiko terinfeksi virus corona, salah satunya menghindari kontak dekat dengan orang yang menderita infeksi pernafasan akut, menggunakan masker dan sering mencuci tangan terutama setelah kontak langsung dengan orang sakit atau lingkungan orang yang terinfeksi.

“Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik, lalu dibilas. Apabila tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 70-80 persen,”terangnya.

Selain itu, bisa juga menghindari kontak erat dengan peternakan hidup atau mati dan hewan liar, lalu menjaga imunitas tubuh dengan pelancong yang mengalami gejala infeksi pernafasan akut.

“Konkretnya, yakni menjaga perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari, termasuk mengonsumsi makanan yang sehat dan diolah dengan baik,”tuturnya.

Andjar menambahkan, penyebaran virus ini sangat cepat, makanya harus waspada, apalagi proses penularannya sudah antara manusia dengan manusia.

“Makanya mulai sekarang kita harus hidup lebih sehat dan membentengi diri dengan makan makanan yang matang. Serta memakai masker saat flu dan berada di sekitar keramaian.Semoga tidak sampai ke Indonesia khususnya Palangka Raya dan Kalteng,”pungkas Andjar. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*