INFO
Perlu Edukasi Tentang Pentingnya Rapid Test

Perlu Edukasi Tentang Pentingnya Rapid Test

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin telah menerbitkan dua surat instruksi dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Kedua surat intruksi itu yakni, surat nomor 368/234/BPBD/Covid-19/VI/2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di area zona merah dan surat nomor 368/235/BPBD/Covid-19/VI/2020 tentang pelaksanaan wajib protokol kesehatan di wilayah Kota Palangka Raya.

Dalam instruksi itu, disebutkan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Gugus Tugas Covid-19 melaksanakan rapid test massal sejak tanggal 1-10 Juli mendatang pada sepuluh lokasi.

Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto, tidak memungkiri, manakala rapid test dilaksanakan, maka akan ada penolakan dari banyak warga. Hal itu lebih dikarenakan kurangnya edukasi ataupun sosialisasi serta informasi yang jelas di terima warga tentang manfaat rapid test

“Baiknya sosialisasi dan edukasi secara massif harus dilakukan, sehingga warga dapat lebih mengerti manfaaat dan tujuan rapid test,” ucap Sigit, Kamis (2/7/2020).

Ada kesan kata dia, warga lebih berasumsi bahwa setiap orang yang positif Covid-19 akan mendapatkan kesulitan. Disisi lain, ada ketakutan pula jika nantinya dinyatakan positif Covid-19 karena rapid test. membuat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya menjadi terhambat.

Tidak hanya sampai disitu saja, warga masih banyak yang berpikir jika terkena penyakit Covid-19, maka akan terbebani biaya pengobatan.

“Nah, disinilah perlu dilakukan sosialisasi secara massif, yang dibalut dengan pemberian informasi dan edukasi sehingga masyarakat mengerti,”tukas politikus PDI Perjuangan ini.

Ada baiknya tambah Sigit, dalam konteks ini pemerintah diminta untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat secara persuasif. Mengingat pelaksanaan rapid test itu sangat dibutuhkan. Jika ada yang menolak, harus dicari cara agar test tetap bisa dilakukan. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*