INFO
Perlu Gerakan Pembasahan Lahan untuk Cegah Karhutla

Perlu Gerakan Pembasahan Lahan untuk Cegah Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kota Palangka Raya sangat merugikan masyarakat.

Pasalnya akibat kabut asap ini aktivitas masyarakat banyak yang terganggu. Dampak asap juga sudah mengganggu pelayanan publik.

Oleh karena itu Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto mengajak masyarakat untuk merefleksikan agar kondisi ini agar tidak semakin parah.

Menurut Sigit, saat ini cara yang tepat untuk mencegah Karhutla hanya dengan mengadakan gerakan pembasahan pekarangan dan lahan yang terkena kebakaran.

Dengan begitu lahan tidak mungkin bisa terbakar, karena jika gambut sudah ‘menyimpan’ air, maka akan sulit terbakar, tapi sebaliknya jika kering akan mudah terbakar.

“Kalau lahan yang lokasinya jauh dari pekarangan rumah, sehingga sulit untuk menjangkaunya, maka perlu koordinasi bagaimana cara penanggulangannya,” ucapnya, Senin (9/9/2019).

Sigit juga menyarankan agar pemilik lahan untuk sekali-kali  menengok apakah terjadi kebakaran atau tidak supaya mereka bisa mengatasinya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*