INFO
Perlu Perbanyak Hydrant Pada Kawasan Padat Penduduk

Perlu Perbanyak Hydrant Pada Kawasan Padat Penduduk

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris Komisi B  DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti,  mendorong pemerintah daerah setempat,  untuk dapat meningkatkan langkah antisipasi kebakaran.

“Langkah pencegahan dan antisipasi kebakaran dapat dilakukan melalui kesiapan awal. Salah satunya bisa penyediaan hydrant atau hydrant box tepat guna,” ungkapnya saat dikonfirmasi Sabtu (6/4/2019).

Menurutnya, ketersediaan hydrant perlu diperbanyak, terutama di kawasan padat penduduk maupun pasar tradisional yang dianggap  rawan kebakaran

“Kendala selalu terjadi manakala musibah kebakaran di kawasan padat penduduk, dimana salah satunya sumber air sulit dijangkau. Nah, maka itu perlunya penyediaan hydrant ini, cetusnya.

Kata Alfian, jika adanya ketersediaan hydrant yang dirancang untuk pelengkap alat pemadam kebakaran, maka secara tidak langsung akan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat dan petugas pemadam kebakaran, terutama jika terjadi kebakaran.

Melalui hydrant ini, setidaknya masyarakat bisa melakukan tindakan darurat untuk melakukan upaya memadamkan api, sembari menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Terlebih pada umumnya jarak antara pos pemadam dengan pemukiman penduduk di Palangka Raya cukup jauh. Belum lagi akses jalan yang sulit bagi petugas pemadan untuk menuju lokasi kebakaran tersebut. Maka itu, keberadaan  hydrant menjadi cara pencegahan awal saat kebakaran.

“Saya pikir, perlunya hydrant ini bisa menjadi alternatif, manakala Pemerintah Kota Palangka Raya dalam  membangun skema pencegahan kebakaran  terutama dikawasan padat penduduk,” ucap Alfian.

Selain bicara tentang hydrant tambah dia, maka tak kalah penting sosialisasi tentang pencegahan kebakaran perlu dilakukan pemerintah daerah. Terutama yang berkaitan dengan penggunaan listrik serta sumber utama yang rawan menjadi penyebab kebakaran. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*