INFO
Perlu Sinergitas Program SOPD Terkait Optimalisasi Pelayanan RSUD Di Kalampangan

Perlu Sinergitas Program SOPD Terkait Optimalisasi Pelayanan RSUD Di Kalampangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dengan berdirinya Rumah Sakit  Umum Daerah yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Palangka Raya tentunya akan meningkatkan layanan bidang kesehatan yang merupakan layanan dasar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kota Palangka Raya. 
 
Namun demikian Pemerintah Kota Palangka Raya harus bekerja keras untuk mewujudkan pelayanan kesehatan secara optimal. Dinas Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri harus didukung oleh program dari SOPD terkait seperti dari Dinas Perhubungan misalnya, ungkap dr Bayu sebagai Kepala UGD RSUD  saat ditemui awak media center di Kalampangan, Selasa (17/9/2019).
 
Prasarana pendukung RSUD tipe D di Kalampangan sudah cukup memadai, namun masih perlu dilakukan sinergitas program dengan Dinas Perhubungan mengenai angkutan umum bagi masyarakat yang mau berobat di RSUD Kalampangan.
 
Mengapa demikian?  karena lokasi Rumah Sakit Umum Daerah ini cukup jauh ketika masyarakat mau mengaksesnya, belum lagi apabila pasien yang mau berobat tergolong tidak mampu secara ekonomi dan tidak memiliki kendaraan pribadi tentunya sangat membutuhkan kendaraan umum untuk berobat ke Rumah Sakit. 
 
Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal ini Dinas Kesehatan perlu lakukan terobosan dan perlu adanya regulasi untuk optimalisasi pelayanan di RSUD Kalampangan. Rumah Sakit Daerah yang telah dibangun dengan dana yang tidak sedikit ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Palangka Raya. 
 
Selama ini masyarakat yang datang ke RSUD Kalampangan yang juga memberikan layanan pasien BPJS ini hanya kurang dari 2% dari jumlah penduduk Kota Palangka Raya, mengingat kepadatan penduduk di Kota Palangka Raya berada di 2 (dua)  kecamatan yaitu Pahandut dan Jekan Raya.
 
Disamping itu juga hal yang tidak kalah penting adalah tersedianya SDM terutama tenaga dokter spesialis yang masih sangat terbatas, tutupnya. (MC. Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*