INFO
Perlu Tim Khusus Bersihkan Drainase

Perlu Tim Khusus Bersihkan Drainase

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya Riduanto mengusulkan, agar pemerintah kota (pemko) setempat membentuk tim khusus yang bertugas mencegah terjadinya penyumbatan drainase, akibat penumpukan sampah maupun sendimentasi.

“Iya, dibentuk dalam beberapa tim khusus, dengan tugas melakukan pengerukan sendimentasi sampah, sehingga aliran air diselokan atau drainase terus berfungsi,”cetusnya, Rabu (23/9/2020).

Lanjut Riduanto, tim khusus ini sudah banyak diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Kota Surabaya, Lampung dan kota besar lainnya.

Dalam implementasinya, pemerintah daerah sebut saja melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ataupun Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), terlebih dahulu membentuk dan menjaring anggota/personil, yang dibagi dalam beberapa tim.

“Nah, tim inilah yang ditugaskan berkeliling memantau, sekaligus membersihkan saluran drainase pada masing-masing titik kawasan yang menjadi wilayah tugasnya,” jelas Riduanto.

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, keberadaan tim khusus tersebut diyakini akan memberi dampak positif sebagai langkah pencegahan dini terjadinya genangan atau banjir. Hal ini sudah terbukti sebagaimana daerah lain yang telah menerapkannya.

Semisalkan, ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, tim sudah bergerak kelapangan dengan menggunakan atribut, lengkap didukung fasilitas penunjang pengerukan dan armada khusus.

“Bisa dibayangkan, tim ini akan bekerja membuka aliran air pada drainase yang tersumbat. Jadi masyarakat akan terbantu. Sementara unsur pemerintah tinggal memonitor upaya yang telah dilakukan,”terangnya.

Terlepas dari gagasan itu, maka tambah Riduanto, semuanya harus melalui pertimbangan dalam banyak sisi. “Ini sekedar usulan dan gagasan saja,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*