INFO
Perlunya Program “Parenting” Berbasis Keluarga Untuk PAUD

Perlunya Program “Parenting” Berbasis Keluarga Untuk PAUD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kenyataan yang kadang masih dijumpai dalam masyarakat, yakni adanya keluarga yang belum memahami pentingnya peran mereka bagi anak-anak.

“Belum terpenuhinya hak-hak anak selama ini lebih disebabkan, kurangnya pemahaman masyarakat terutama para orang tua untuk memainkan perannya dalam keluarga, “ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah, Senin (19/11/2018), di Aula Peteng Karuhei (PK) II Kantor Walikota Palangka Raya.

Berbicara pada kegiatan sosialisasi kecakapan keorangtuaan yang digagas Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Palangka Raya, Umi menekankan betapa pentingnya peran keluarga dalam memenuhi hak-hak anak tersebut.

Menurutnya, hak-hak anak harus diberikan sebisa mungkin sedari awal pada anak usia dini, terutama yang dilakukan para orangtua maupun tenaga kependidikan. Salah satu caranya adalah melakukan penerapan program parenting yang berbasis keluarga.

“Khususnya kepada penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebaiknya bisa menerapkan program parenting berbasis keluarga. Penguasaan program ini sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak,”cetusnya.

Kata Umi, melalui program parenting berbasis keluarga, setidaknya ada upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam peningkatan gizi, kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan sesuai tahapan usia anak.

“Ini juga dimaksudkan agar ada keselarasan antara program di sekolah dan di rumah. Bila hal ini bisa dilakukan, maka keberhasilan anak secara utuh, menyeluruh dan terintegrasi dapat tercapai,” tandasnya.

Oleh sebab itu tambah Umi, program parenting atau program PAUD berbasis keluarga ini adalah salah satu upaya keselarasan dan keberlanjutan pendidikan yang dilakukan di rumah

“Intinya program parenting berbasis keluarga adalah untuk mendorong agar keluarga menjadi roh dalam pendidikan anak-anaknya. Dengan tujuan akhir agar anak-anak tidak mudah terpengaruh dari banyak sisi negatif atau pengaruh luar,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*