INFO
Permudah Izin Acara Pernikahan

Permudah Izin Acara Pernikahan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Jumatni menyarankan Pemerintah Kota (Pemko) setempat melalui Tim Satgas Covid-19 tidak memperketat mengeluarkan izin acara pernikahan.

“Memang disadari, maksud pemerintah mengeluarkan kebijakan adalah sebagai upaya menekan laju pesebaran covid-19 yang kian meningkat. Namun disatu sisi, efek kebijakan tersebut akan selalu ada,”ungkapnya, Kamis (3/12/2020)

Legislator dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mencontohkan, efek kebijakan tersebut, secara tidak langsung memberi dampak kepada sejumlah pelaku usaha. Seperti tukang rias pengantin, jasa penyewaan sound system, biduan, penyanyi lokal, usaha dan lainya.

“Bila terlalu ketat, bukan tidak mungkin para pelaku usaha ini kembali menganggur,”tukas Jumatni.

Disisi lain perlu diingat pula imbuh dia, bukan hanya pelaku usaha itu saja yang nantinya akan dirugikan, namun warga yang telah menetapkan tanggal dan mempersiapkan segala macamnya turut serta merasakan dampaknya.

Maka dari itu sambungnya, kebijakan mengeluarkan izin pernikahan yang ketat harus dievaluasi dan dipertimbangkan kembali. Terlebih pemerintah tengah mengupayakan pemulihan ekonomi masyarakat sebagai dampak pandemi.

“Iya, semestinya upaya menekan laju covid-19 ini bisa dengan aturan dan kebijakan lain, tanpa harus mempersulit ijin acara pernikahan,”bebernya

Jumatni berpandangan, acara pernikahan yang berlangsung pasca pandemi tidak menyebabkan klaster. Karena pihak KUA juga memberikan peringatan sebelumnya kepada keluarga calon pengantin maupun pengantin, menerapkan prokes saat acara dilaksanakan.

“Selebihnya kita berharap agar pandemi covid-19 ini dapat segera berakhir. Iya, semoga vaksin dari pemerintah pusat dapat segera dibagikan,”harapnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*