INFO
Perpustakaan Integral Terpenting Pembelajaran

Perpustakaan Integral Terpenting Pembelajaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah mengatakan, perpustakaan adalah salah satu infrastruktur pendukung pendidikan, yang tidak hanya menjadi unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan, tetapi juga bagian integral terpenting dari pembelajaran.

“Keberhasilan pendidikan bergantung kepada sumber daya maupun pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan salah satunya melalui perpustakaan,” ungkapnya, Senin (10/12/2018).

Kata Rusdianyah, didalam Undang-undang sistem pendidikan nasional sudah dijelaskan, setiap sekolah perlu menyediakan sumber belajar seperti perpustakaan. 

“Hanya saja selama ini yang menjadi kendala, ada beberapa perpustakaan sekolah yang belum maksimal pemanfaatannya, tuturnya lagi.

Menurut Rusdianyah, pemerintah daerah saat ini, memiliki tantangan tersendiri dalam memaksimalkan peran perpustakaan bagi pendidikan, terutama dalam menumbuhkan minat baca. Bukan hanya bagi siswa sekolah tetapi kepada masyarakat luas.

“Selama ini perpustakaan hanya dipandang sebagai gudang buku oleh sebagian orang. Makanya harus ada program inovatif dan cerdas untuk menumbuhkan minat baca tersebut,” cetusnya.

Rusdiansyah pun mengharapkan kepedulian dan keseriusan pemerintah dalam membangun sektor pendidikan untuk menjadi lebih baik. Salah satunya memanfaatkan dan meningkatkan seluruh keberadaan perpustakaan. Baik yang milik pemerintah, milik sekolah, ataupun digiatkan kembali program perpustakaan keliling. (MC. Isen Mulang.1)

 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*