INFO
Persiapan Pengawasan dan Pemantauan Administrasi Kependudukan Menjelang Pemilu 2019

Persiapan Pengawasan dan Pemantauan Administrasi Kependudukan Menjelang Pemilu 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna mensukseskan Pemilihan Umum tahun 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Tengah, mengadakan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah, serta Disdukcapil Kabupaten/kota  terkait agar menuntaskan perekaman KTP-el serta memantapkan tatakelola kependudukan dan pencatatan sipil yang dilaksanakan pada 19-20/03/2019 Ballroom Aquarius Boutique Hotel, jalan Imam Bonjol  kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi kalimanatan tengah,  Brigong Tom Moenandaz mengharapkan pemanfaatan KTP-El bagi berbagai kepentingan dapat terus ditingkatkan. Berdasarkan capaian perekaman dan penerbitan KTP el yang saat ini sudah mencapai 93,04 % dari total wajib KTP-el, maka ini merupakan kinerja yang luar biasa dari Jajaran Dukcapil Provinsi Kalteng, beliau sampaikan apresiasi bagi jajaran Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, untuk capaian hasil tersebut.

Konsolidasikan penyelenggaraan kependudukan dan pencatatan sipil ini dalam rangka menghadapi agenda nasional Pileg dan Pilpres Serentak Tahun 2019 agar tercipta kondisi yang aman, tertib, demokratis di Provinsi Kalimantan Tengah.

Suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesiapan dari penyelenggara Pemilu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta kesiap-siagaan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai macam potensi kerawanan Pemilu. Kerja keras serta pengorbanan jajaran Polri, TNI, Disdukcapil, KPU dan Bawaslu masih dituntut lebih optimal untuk mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 yang luber, jurdil dan bermartabat, demikian dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakilkan oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy

Selain itu beliau juga mengatakan jumlah penduduk Kalimantan Tengah Semester II Tahun 2018 sebesar 2.570.289 jiwa, terdiri dari wajib KTP-el  1.818.843 jiwa (69,89%), sudah merekam 1.671.649 (93,04%) dan belum merekam 147.194 (6,06%) dan menurut laporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalteng sampai saat ini semua yang sudah terekam untuk KTP-el sudah tercetak sehingga pada tanggal 17 April 2019, pada saat pemilihan presiden dan pemilihan legislatif semua masyarakat yang memiliki hak konstitusi dan tercatat dalam DPT sudah memiliki KTP-el.  (MC. Isen Mulang/BambangW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*