INFO
Persiapkan Sumber Daya Aparatur Sipil Negara Dalam Penguatan, Peningkatan, dan Pelayanan Publik

Persiapkan Sumber Daya Aparatur Sipil Negara Dalam Penguatan, Peningkatan, dan Pelayanan Publik

MEDIA CENTER, Semarang – Usai Sidang Pleno Rakernas XIV Tahun 2019 yang diikuti oleh 6 (enam) komisi wilayah dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Ballroom Hotel PO Semarang dilanjutkan dengan penutupan Rakernas dengan beberapa hasil rekomendasi.

Rakernas XIV APEKSI Tahun 2019 yang ditutup oleh Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, Airin Rachmi Diany menyampaikan ada 12 hasil rekomendasi terkait dengan tema  Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Pusat Untuk Daerah Guna Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah, ucapnya. Kamis, (4/7/2019) sore.

Pemerintah daerah dituntut untuk mempersiapkan  sumber daya (aparatur sipil negara) yang dapat bersaing dengan negara-negara lain, disamping itu penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka penguatan dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang berintegritas dan berkarakter juga memerlukan pendanaan yang cukup besar, lanjutnya.

Saat ini sebagian besar daerah mengalami persoalan keterbatasan ruang gerak untuk mengkreasikan sumber-sumber penerimaan, tambahnya.

Hasil rekomendasi untuk pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia adalah tuan rumah untuk musyawarah nasional  ke VI Tahun 2020 sesuai  kesepakatan bersama akan diadakan di Kota Tangerang Selatan.

Adapun rekomendasi untuk Pemerintah Pusat adalah tentang keuangan daerah dan pajak daerah, dana kelurahan, aparatur sipil negara dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja/P3K, aparat pengawasan intern pemerintah/APIP,  penyelenggaraan pemerintahan umum, gaji kepala daerah, perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik/online single submission, lingkungan infrastruktur dan transportasi,  pembangunan berkelanjutan (SDGs), kesehatan, kota-kota pantai, pendidikan. (MC Isen Mulang / Iin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*