INFO

Pertahankan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Upacara rutin di SMAN 5 Palangka Raya sangat istimewa. Kali ini dipimpin Kompol Subandi dari Direktorat Binmas Polda Kalteng, Senin (14/10/2019).

Kehadiran aparat kepolisian di momen apel rutin setiap Senin ini dimanfaatkan oleh Kompol Subandi untuk mensosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara kepada siswa dan siswa.

Empat pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap kokoh dan dipertahankan.

Menurutnya perubahan dinamika di negeri ini memerlukan keteguhan sikap. Berbagai gejala yang terjadi dengan segala perbedaan yang berkembang harus tetap meneguhkan rasa kebangsaan.

“Persatuan Indonesia harus dipertahankan. Seluruh anak bangsa harus semakin meneguhkan rasa kebangsaan Indonesia agar tidak memudar,” pesannya.

“Empat pilar itu harus kita pertahankan agar tetap berdiri kokoh. Pancasila sebagai dasar negara telah menjabarkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, kedamaian, persatuan, keadilan, mufatkat, dan kesejahteraan bersama. UUD 1945 telah memberikan prinsip kekuasaan, hak asasi, demokrasi, dan gotong royong,” imbuhnya.

Menurutnya NKRI adalah wujud kesatuan negara yang terbentuk dari hasil perjuangan dan komitmen para pendahulu yang mesti dipertahankan. Bhinneka Tunggal Ika merupakan landasan yang menuntun sikap untuk senantiasa rukun dan saling menghormati serta menoleransi beragam perbedaan kita sebagai sebuah bangsa yang besar dan penuh kemajemukan.

Di hadapan sekitar 700-an anak didik dan tenaga pendidikan ini Kompol Subandi mengimbau agar siswa SMAN 5 Palangka Raya sebagai generasi penerus dan pemimpin masa depan harus memahami pentingnya empat pilar tersebut.

“Mari kita hargai dan teruskan perjuangan dan cita-cita para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini. Tunjukkan karakter yang baik. Belajarlah dengan penuh semangat. Raih cita-cita kalian dengan upaya pantang menyerah,” tegasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*