INFO
Pesatnya IT Tidak Bisa Gantikan Peran Guru

Pesatnya IT Tidak Bisa Gantikan Peran Guru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam era globalisasi dimana tekhnologi komputer yang berkembang dengan pesat, telah mampu menggantikan sebagian dari pekerjaan manusia.

Namun demikian pesatnya tekhnologi informasi (IT) ini, tidak mudah begitu saja menggantikan salah satu peran penting dalam masyarakat, yakni tenaga pendidik alias guru.

“Kedudukan guru tidak dapat digantikan dengan media lain. Termasuk pesatnya perkembangan IT saat ini. Hal ini menunjukan bahwa peran guru tetap diperlukan dalam keadaan apapun,”ungkap Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah, Senin (19/11/2018) 

Menurut Umi, guru adalah faktor penentu keberhasilan dari proses pembelajaran yang berkualitas. Sehingga berhasil tidaknya pendidikan mencapai tujuan selalu dihubungkan  dengan kiprah para guru.

“Maka itu, berbagai usaha yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan, tentu tidak lepas dari peningkatan kualitas guru,” tambahnya.

Kata Umi, guru yang berkualitas diantaranya adalah guru yang mengetahui dan mengerti peran dan fungsinya dalam proses pembelajaran. Terpenting lagi bagimana upaya guru untuk mengkomunikasikan perkembangan anak dengan orang tua.

“Apa jadinya tanpa peran guru membantu, maka anak didik akan kesulitan berperilaku, bergaul, sulit untuk belajar dan sulit untuk memiliki kepribadian. Bahkan kemungkinan terburuk akan menjadi tidak bahagia dan frustasi,”  tuturnya.

Oleh sebab itu, keberadaan guru tidak akan terkikis oleh waktu maupun kemajuan jaman, mengingat sekarang ini guru telah menjadi sosok panutan dalam membantu masyarakat membangun kepribadian dan karakter generasi penerus. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*