INFO

Peserta Karnaval Budaya di Sampit Diguyur Hujan Deras

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan orang dari berbagai daerah memadati sejumlah ruas jalan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat (19/5/2017) pukul 13.00 WIB.

Kedatangan mereka ini untuk menyaksikan karnaval budaya guna memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangkaian memperingati HUT Provinsi Kalimantan Tengah ke-60 yang tahun ini dilaksanakan di Sampit.

Meski pelaksanaan karnaval budaya diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat para peserta dari 13 kabupaten dan satu kota untuk terus mengikuti karnaval hingga finish.

Semua peserta karnaval basah kuyup, tapi mereka tetap gembira mengikuti pelaksanaan karnaval FBIM yang dilaksanakan setiap tahun ini.

Salah satu contohnya peserta karnaval dari kontingen Kota Palangka Raya, yang dikoordinir oleh Sontoe kepala bidang seni dan budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tetap ceria meski air hujan terus mendera mereka.

Karnaval budaya tahun 2017 ini mengangkat tema “pelibatan seluruh lapisan masyarakat dalam membangun kalimantan tengah berkah”.

Kontingen Kota Palangka Raya mengambil gambaran kendaraan hias yg berbentuk sababuka, dimana sababuka merupakan salah satu budaya khas di kalimantan tengah, pada saat ada kerabat yg meninggal seluruh masyarakat terlibat untuk membantu keluarga duka.

Dari gambaran inilah kita bisa melihat kebersamaan masyarakat dayak bahu membahu dalam segala keadaan, motif yg digunakan berjudul “bukit hatinggan manahasak jalayan danum pambelum” bercerita tentang kekayaan alam dari Tuhan di Kalimantan Tengah berupa bukit, hutan, sungai yg membawa berkah bagi masyarakatnya.

Sedangkan pertunjukan tari yg mengisi kanraval kontingen Kota Palangka Raya bercerita tentang aktivitas keseharian masyarakat dayak dalam mempertahankan, menjaga dan mengelola tanah air bersama demi kemakmuran.

Pada pembukaan FBIM hadir pula Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio. Kehadiran beliau ke Sampit guna memotivasi agar para peserta yang mengikuti berbagai cabang lomba bisa bertanding maksimal, sehingga predikat juara umum masih bisa dipertahankan.

Walaupun karnaval budaya tahun ini kontingen Kota Palangka Raya belum meraih keberuntungan. Yang menjadi juara pada karnaval budaya adalah juara I Kabupaten Murungraya, juara II Kabupaten Kotawaringin Timur (tuan rumah) dan menempati juara III Kabupaten Barito Selatan.(MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*