INFO

Peserta KBN Tanam Pohon Endemik Kalimantan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anak-anak peserta Kemah Budaya Nasional (KBN) yang sedang melaksanakan kemah di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Kota Palangka Raya diajak menanam berbagai jenis pohon, Selasa (18/7/2017).

Penanaman pohon endemik Kalimantan ini dilakukan setelah mereka mengikuti kegiatan bakti sosial. Semua bibit pohon ditanam di lokasi Kambariat Tuah Pahoe.

Aksi penanaman pohon ini dipimpin Dirjen Sejarah Triana Wulandari dan Andalan Nasional Kwarnas Pramuka, Yusak. Ada 10 jenis bibit pohon yang ditanam oleh anak-anak penggalang ini.

Yakni ketapang kencana, flamboyan, ulin, malam-malam, plepek, meranti merah, meranti batu, belangiran. Semua bibit pohon ini merupakan bantuan dari BPDAS Kahayan.

Khusus di lokasi Kambariat Tuah Pahoe ditanam 500 bibit pohon berbagai jenis. “Kalau dalam momen KBN ada 1.590 bibit yang kami tanam,” ucap pegawai BPDAS Kahayan, Demantoro.

Selain di lokasi KBN, 1.090 bibit sisanya menurut Demantoro dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam di lokasi tempat ibadah dan sebagiannya dibagikan ke kelurahan.

Dia mengharapkan dengan adanya aksi penanaman pohon melalui even KBN ini bisa merangsang para generasi muda agar bisa mencintai lingkungan dengan gemar menanam pohon.

Sebab dengan menanam pohon maka lingkungan akan lestari dan hijau, sehingga manfaatnya tidak hanya untuk manusia sendiri, tapi juga untuk menjaga ekosistem lingkungan.

Sebalinya, jika lingkungan rusak dan tidak ada pohon, maka menurut Demantoro bisa memicu terjadi bencana banjir, erosi, dan pemanasan global.

Maka dari itu melalui momen KBN merupakan saat yang tepat untuk mengajari anak-anak untuk ikut menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup yang lebih baik. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*