INFO

Pesta Demokrasi Berbasis Komputer di SMAN 5 Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Siswa dan siswi SMAN 5 Palangka Raya mengadakan pemilihan pengurus OSIS. Pemilihan secara demokratis ini dilakukan, Jumat (27/10/2017)

Seperti tahun lalu, pemilihan pengurus OSIS tahun ini tidak dilakukan dengan cara mencoblos tanda gambar atau foto kontestan yang terdiri dari calon ketua, calon sekretaris, dan calon bendahara.

Tapi para pemilih memberikan hak pilihnya hanya dengan melihat layar komputer, memperhatikan foto para calon, lalu mengklik tanda lingkaran sesuai pilihan, kemudian klik kirim, dan selesai.

Para siswa dan siswi yang sudah menggunakan hak pilihnya segera keluar dari lab komputer dan mencelupkan jarinya pada cairan tinta biru di depan panitia. Tentu ini sebagai tanda sudah memilih dan tidak boleh memilih lebih dari sekali.

“Ayo gunakan hak pilih kita secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Ini juga merupakan pembelajaran berdemokrasi,” seru Sumiati, guru PPKn SMAN 5 Palangka Raya sambil menunjukkan jarinya yang telah dicelupkan tinta kepada para siswa pertanda sudah memberikan suaranya.

Tidak ketinggalan Kepala SMAN 5 Palangka Raya, H. Arbusin juga turut memberikan hak pilihnya. Meski harus dipandu panitia, akhirnya pria yang juga guru pendidikan agama Islam ini dapat menentukan pilihannya secara langsung, bebas, dan rahasia.

“Ini bagian dari pembelajaran praktik berdemokrasi di sekolah untuk menentukan pengurus OSIS tahun pelajaran 2017-2018. Meski agak terlambat, kegiatan ini tetap harus dilaksanakan karena merupakan bagian dari program kesiswaan,” kata Arbusin ditemani Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy dan beberapa guru lainnya.

Arbusin mengatakan beberapa hari sebelumnya para calon pengurus OSIS telah melakukan serangkaian kampanye dan paparan visi misi di hadapan para siswa dan guru. Kala itu para calon telah menyatakan tekad dan janjinya jika terpilih laksana calon gubernur atau presiden yang menjaring simpati rakyatnya.

“Saya berharap para pengurus terpilih nanti bisa memenuhi janjinya kepada 600-an rekan siswa yang memilihnya dan dapat bekerja sama, khususnya dengan bagian kesiswaan. Siapa pun yang terpilih akan kita tunggu aksi nyatanya,” tegasnya.

Dalam pemilihan ini akhirnya Yudea Frederik siswa Kelas XI IPA-1 terpilih sebagai Ketua OSIS SMAN 5 Palangka Raya dengan perolehan suara terbanyak. Kemudian posisi sekretaris berhasil diraih oleh Christy Hagatha Sitepu dan bendahara terpilih adalah Indah Jeswita. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*