INFO
Petakan Kondisi Kesehatan Warga di Zona Merah

Petakan Kondisi Kesehatan Warga di Zona Merah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin telah menerbitkan dua instruksi dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Kedua instruksi itu yakni, surat nomor 368/234/BPBD/Covid-19/VI/2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di area zona merah dan surat nomor 368/235/BPBD/Covid-19/VI/2020 tentang pelaksanaan wajib protokol kesehatan di wilayah Kota Palangka Raya.

Menurut Fairid, selama belum dikeluarkannya surat edaran pengganti dari dua surat instruksi tersebut, maka pihaknya akan lebih fokus melaksanakan poin-poin dari instruksi yang ada.

“Iya, kalau saat ini, maka dua instruksi inilah yang menjadi upaya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dalam menangani sebaran Covid-19,”ungkapnya, Rabu (1/7/2020).

Seperti point pelaksanaan rapid test di 10 lokasi yang sudah di rencanakan, maka kata Fairid hal itu merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19.

Melalui rapid test sebut dia, setidaknya dapat dipetakan atau diketahui kondisi kesehatan masyarakat khususnya yang berada di zona merah.

“Misalkan ada warga nantinya yang reaktif, maka langsung diarahkan ke tes swab. Nah, apa bila hasilnya positif maka langsung di isolasi dan keluarga atau kontak erat dari yang terpapar langsung di kunjungi tim deteksi dini untuk melakukan tes serupa,”terangnya.

Saat ini lanjut Fairid, tim tracing dan tim deteksi dini terus bekerja tanpa henti untuk melakukan pengejaran terhadap orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Terlebih alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang sudah dimiliki pemko, dapat langsung digunakan untuk memeriksa hasil swab test, sehingga diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*