TERKINI

Petugas Dukcapil Antar Langsung KIA ke Rumah Warga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya, Afendie membuat terobosan baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya pelayanan antar langsung kartu identitas anak (KIA) ke rumah warga. “Layanan ini kita lakukan di luar jam kerja,” sebut Aefndie, Rabu (16/9/2020).

Dalam pelayanan ini petugas Dukcapil diberikan seragam atau rompi khusus. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan jika petugas yang datang memang benar-benar petugas dari Dukcapil.

Afendie menuturkan program ini dilakukan sebagai bentuk layanan prima sekaligus untuk memperkecil praktek pungli yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pihaknya memastikan dalam pelayanan ini sama sekali tidak dipungut biaya. Dia berharap dengan layanan ini menjadikan masyarakat lebih semangat untuk menguruskan anaknya memiliki KIA.

Sebab berdasarkan Permendagri 2 Tahun 2016, maka setiap anak mulai dari usia 0-17 tahun wajib memiliki KIA dan proses pembuatannya gratis. (MC. Isen Mulang/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*