INFO
Petugas Pendamping UMKM dan Koperasi Dievaluasi Setiap Bulan

Petugas Pendamping UMKM dan Koperasi Dievaluasi Setiap Bulan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie punya cara sendiri untuk menghidupkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi.
 
Salah satunya mengaktifkan petugas lapangan untuk terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dan koperasi. Cara ini efektif untuk mengawasi keberadaan UMKM dan koperasi.
 
Keberadaan petugas lapangan ini selalu dimonitor dan dievaluasi setiap tanggal 20 per bulannya. Ada sanksi tegas yang diberikan ke petugas lapangan yang tidak turun ke lapangan.
 
“Sanksinya berupa penarikan sebagai petugas lapangan,” sebut Afendie, Rabu (6/11/2019). Diakui, tugas pendamping memang cukup berat, karena fungsi mereka memantau keberadaan UMKM dan koperasi.
 
Tugas lainnya wajib memberikan pendampingan agar fungsi manajemen UMKM dijalankan, bahkan khusus koperasi wajib difasilitasi agar rutin mengadakan rapat anggota tahunan (RAT).
 
“Kalau sampai ada koperasi tidak ada yang mengadakan RAT, maka izinnya di tahun berikutnya kita cabut. Oleh karena itu fungsi petugas lapangan sangat diperlukan,” tegasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*