INFO
Pilkada Serentak, Harus Jadi Role Model Protokol Kesehatan

Pilkada Serentak, Harus Jadi Role Model Protokol Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya Wahid Yusuf mengungkapkan, beberapa agenda penting mulai berjalan, meskipun di tengah pandemi. Salah satunya adalah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Pilkada serentak itu kata dia, yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng pelaksanaannya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, dimana saat ini sejumlah tahapan terus dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Seiring itu muncul berbagai perdebatan cara pengendalian Covid-19, sejalan dengan mulai berjalannya agenda penting pilkada tersebut,” ungkap Wahid, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, tidak sedikit yang mempermasalahkan penyelenggaraan pilkada serentak digelar di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Namun lagi-lagi seiring adanya perdebatan tersebut, penekanan agar protokol kesehatan dijalankan secara massif terus bergulir untuk mensukseskan pilkada tepat waktu, yang dimulai dari berbagai tahapan-tahapan hingga proses pelaksanaan pilkda dan perhitungan suara.

“Iya, saya berharap pada saatnya kemenkes bisa mendampingi KPU dan Bawaslu sampai level bawah, karena penyelenggara pilkada 2020 ini harus dipandu dengan protokol kesehatan yang sifatnya detail, jelas dan konkrit, mengingat kondisi pandemi,” ujar Wahid.

Di satu sisi, politikus muda Partai Golkar ini menyarankan, agar lembaga KPU dapat membuat simulasi protokol kesehatan pada tiap-tiap tahapan. Hal ini kata dia penting karena pelaksanaan pilkada akan melibatkan masyarakat banyak.

“Intinya, penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pilkda harus dilakukan. Terlebih pelaksanaannya pada kawasan zona merah Covid-19, tentu akan lebih ekstra dalam penerapannya,” pungkas Wahid. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*