INFO
Pimpinan Definitif DPRD Palangka Raya 20 September 2019  Dilantik

Pimpinan Definitif DPRD Palangka Raya 20 September 2019  Dilantik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menyusul sudah diterimanya surat keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Tengah tentang penetapan pimpinan definitif DPRD Palangka Raya periode 2019-2024, maka dijadwalkan, pada Jumat 20 September 2019 pagi, DPRD Palangka Raya akan menggelar rapat paripurna pelantikan pimpinan definitif DPRD tersebut.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Sitti Masmah, membenarkan adanya agenda pelantikan pimpinan definitif DPRD Palangka Raya yang terdiri dari satu ketua dan dua wakil ketua.

“SK gubernur sudah turun, dan persiapan untuk pelantikan telah dimulai sejak hari ini,’ungkap Masmah, Kamis (19/9/2019).

Disampaikan Masmah, pelantikan akan dilakukan dalam sidang paripurna DPRD, dimana nantinya dilakukan pembacaan SK gubernur, pengambilan sumpah pimpinan DPRD, penandatanganan berita acara, dan penyerahan pimpinan DPRD dari pimpinan sementara kepada pimpinan definitif.

Dia juga mengungkapkan, bila berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD, maka prosesi pelantikan nanti akan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Palangka Raya.

Dalam aturan juga menjelaskan, apabila lembaga DPRD yang beranggotakan 20 sampai dengan 44 orang, maka pimpinan DPRD akan terdiri dari satu orang ketua dan dua orang wakil ketua. Pimpinan DPRD terpilih berasal dari partai politik yang memperoleh kursi atau suara terbanyak dalam pemilu legislatif.

Jabatan ketua berasal dari parpol yang memperoleh kursi terbanyak pertama atau berasal dari parpol yang meraih suara terbanyak pertama.” Sedangkan wakil ketua ditetapkan dari parpol yang memperoleh urutan suara terbanyak kedua dan ketiga,” jelas Masmah.

Sementara disebutkan, untuk ketua DPRD Palangka Raya periode 2019-2024, maka Sigit K Yunianto dari PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu legislatif terpilih sebagai ketua DPRD Palangka Raya. Kemudian Wahid Yusuf dari Partai Golkar sebagai wakil ketua I, dan Basirun B Sahepar dari Partai Demokrat sebagai wakil ketua II. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*