INFO
PKBI Edukasi Sejak Dini Reproduksi Sehat, Hidup Terencana dan Berkualitas

PKBI Edukasi Sejak Dini Reproduksi Sehat, Hidup Terencana dan Berkualitas

MEDA CENTER, Palangka Raya – Kalimantan Tengah memiliki tantangan dan permasalahan di kalangan remaja dan pra remaja, khususnya terkait kesehatan seksual dan reproduksi (KESPRO).
 
Survey Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Provinsi Kalimantan tengah Tahun 2014 di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya menunjukan bahwa hanya 8 persen remaja yang memahami KESPRO, dan seksual yang tinggi sementara sebagian remaja lainnya (85 persen), sisanya sebagian besar memiliki pengetahuan KESPRO dan Seksual yang dikatakan masih sangat rendah.
 
Sejak 1996 PKBI Kalimantan Tengah telah merespon permasalahan-permasalahan remaja dengan mengembangkan Pusat Informasi dan Pelayanan Remaja, yang dikenal dengan nama SIAR. 
 
Sejauh ini SIAR banyak melakukan kegiatan edukasi dan layanan seperti penyuluhan/ceramah, diskusi remaja, seminar, pengembangan media, pelatihan, konseling dan sebagainya.
 
Dalam rangka memberikan pengetahuan Kesehatan Reproduksi dan menumbuhkan kembali kegiatan-kegiatan remaja di PKBI Kalimantan Tengah, relawan remaja PKBI Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan Youth Learning Class-Thematic, bertempat di jalan Putri Junjung Buih I Palangka Raya, Sabtu (29/6/2019).
 
Ketua PKBI Kalimantan Tengah, dr. Muh.Fitriyanto Leksono,M.Si beserta relawan berharap  tujuan pemberian edukasi, supaya para peserta dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai kesehatan Reproduksi dan permasalahannya, mengenal program PKBI  secara umum dan khusus serta mengajak para peserta untuk peduli dalam membangun kegiatan PKBI.
 
Peserta edukasi ini terdiri dari remaja usia 12 sampai 24 tahun dan materi yang disampaikan berjudul “Reproduksi Sehat, Hidup Terencana dan Berkualitas”. dengan Narasumber dr Dian Mutiasari,M.Kes. (MC Isen Mulang/Iin/Gusti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*