INFO
Pol PP Bakal Gandeng Bea Cukai Sweeping Minol Ilegal

Pol PP Bakal Gandeng Bea Cukai Sweeping Minol Ilegal

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Sebagai upaya menjalankan fungsinya selaku penegak peraturan daerah (Perda) sekaligus  mendukung upaya pemberantasan peredaran minuman keras (miras) ilegal, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya bakal melakukan  penertiban terhadap aktivitas usaha minuman beralkohol (minol) yang tak mengantongi perizinan yang jelas.

“Ini memang telah kami rencanakan, terlebih walikota sudah mengingatkan agar diperkuat pengawasan terhadap peredaran minol illegal,”ungkap Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Yohn Benhur Gohan Pangaribuan, Kamis (28/3/2019).

Kata Benhur untuk melakukan razia ataupun sweeping terhadap peredaran minol tersebut, pihaknya tentu akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, baik dari Disperindag dan dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya pabean C Pulang Pisau di Palangka Raya.

“Dalam waktu dekat ini kita akan berkoordinasi dengan pihak  Bea dan Cukai, sebab bicara peredaran miras atau minol sangat erat kaitannya dengan pita cukai sebagai tanda legalnya produk minuman yang dipasarkan,” jelasnya.

Benhur menambahkan, pihaknya jauh-jauh hari  telah mensosialisasikan hal-hal yang berkaitan dengan legalitas kepada para pelaku usaha minol ataupun rokok. Terutama mengingatkan dalam menjalankan usahanya harus mengacu dengan aturan dan ketentuan.

“Kalau bicara retribusi, tentu Pemko Palangka Raya ada regulasi yang mengatur. Sedangkan dari sisi legalitas tentu berkaitan dengan pita cukai maupun nama pabrikan.Nah ini yang mesti dipahami,” tegasnya.

Menurut Benhur, pentingnya dilakukan penertiban terhadap aktivitas usaha minol ini tidak lain juga mengingat sudah mendekati pelaksanaan bulan puasa Ramadhan, dimana pengontrolan terhadap peredaran minol tentu ada batasan-batasan yang diberlakukan.

“Intinya kami akan koordinasi dengan pihak terkait, bagaimana nantinya proses pelaksanaan pengawasan, penertiban dan identifikasi terhadap produk-produk serta peredaran minol di Kota Palangka Raya,” tuturnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*