INFO

Polda Kalteng Sosialisasi Operasi Bina Karuna Telabang Di Kelurahan Menteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam upaya mengantisipasi terjadinya ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polda Kalteng mulai menjalankan program Operasi Bina Karuna Telabang.

Menyikapi hal tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Dirbinmas Kombes Pol Ebet Gunandar, memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan Operasi Bina Karuna Telabang 2020 di Kantor Kelurahan Menteng Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Kalteng, Kamis (13/08/2020) pagi.

“Operasi Bina Karuna telabang 2020 ini merupakan salah satu upaya Polda Kalteng guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” katanya.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari, Mahasiswa KKN Universitas Palangka Raya (UPR), Bhabinkamtibmas, Bhabinsa serta Tim Manggala Agni yang ada diwilayah Kelurahan Menteng.

“Pulau Kalimantan khususnya wilayah hukum Polda Kalteng merupakan paparan tanah gambut. Jika terjadi musim kemarau, potensi terjadinya Karhutla sangat besar,” ujarnya.

Untuk itu, Ia menambahkan, dengan diselenggarakannya Operasi Bina Karuna Telabang 2020 ini diharapkan mampu menekan serta meningkatkan kesadaran warga ketika membuka lahan untuk bercocok tanam jangan sampai dilakukan dengan cara dibakar.

Di samping itu, pada kesempatan tersebut anggota yang terlibat dalam operasi juga memberikan informasi maklumat Kapolda Kalteng tentang larangan membuka lahan dengan cara dibakar.

“Jika menemukan titik api bisa dilaporkan melalui aplikasi Hanyaken Musuh dari Handphone masing-masing. Jadi petugas akan langsung melakukan pemadaman,” tutupnya. (MC. Isen Mulang/Nitra/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*