INFO
Potensi Pangan Lokal  Dengan Komposisi Sehat dan Seimbang

Potensi Pangan Lokal  Dengan Komposisi Sehat dan Seimbang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya menggelar Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Palangka Raya, bertempat di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya, Jalan Diponegoro, Selasa (23/7/2019).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Harry Maihadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pemahaman masyarakat tentang potensi pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi yang seimbang.

Peserta festival pangan lokal ini diikuti oleh 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Pahandut, Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Sabangau, Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Rakumpit.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menghimbau kepada peserta agar tetap semangat, tetap tekun berlatih dan terus menciptakan inovasi dalam mengembangkan olahan pangan lokal dengan tetap mengedepankan kandungan nilai gizi yang seimbang.

Kandungan nilai gizi dengan standart nasional sebesar 113kg/kapita per tahun dengan jumlah penduduk 263.473 ton dan ketersediaan beras sebesar 32.747 ton, rata-rata konsumsi  penduduk di kota Palangka Raya sebesar 552.960 kg/kapita per tahun dibandingkan dengan standart konsumsi beras sebesar 109.5 kg kapita per tahun maka konsumsi beras di Kota Palangka Raya masih tinggi.

Untuk mengurangi konsumsi beras di Kota Palangka Raya perlu dilakukan pengembangan sumber daya pangan lokal kita seperti Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Pisang, Talas, Sukun dan lainya yang keberadaanya ada di sekitar kita, pungkasnya. (MC Isen Mulang/Iin/Fauji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*